Cara Mengelola Keuangan Pribadi


Hidup dengan hanya mengandalkan pendapatan tetap yang minim terkadang bisa menjadi suatu hal yang sulit. Misalnya hidup dengan mengandalkan gaji pensiun. Namun para pensiunan, maupun para pegawai yang memiliki pendapatan tetap yang minim, bisa terhindar dari kesulitan keuangan apabila mengelola keuangannya dengan baik dan bijaksana.
Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan dengan bijak adalah:
  • Buat daftar pengeluaran Anda dalam sebulan. Di akhir bulan, pelajari dengan seksama daftar yang Anda buat dan bertanyalah pada diri sendiri, “Mengapa saya membeli barang yang tidak saya butuhkan? Pengeluaran mana yang bisa saya pangkas? Apakah pendapatan saya lebih dari cukup untuk menutup pengeluaran saya?”
  • Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur. Begitu Anda tahu pola pengeluaran Anda, pastikan pendapatan Anda dapat menutup pengeluaran. Lalu, pangkas pengeluaran-pengeluaran tersebut sehingga Anda bisa menabung. Anda tidak pernah tahu kapan Anda memerlukan biaya untuk keadaan darurat.
  • Pikirkan masa depan Anda. Anda paham bahwa akan ada pengeluaran yang tidak terduga di kemudian hari, jadi mulailah menabung. Mulailah dengan jumlah kecil, misalnya Rp5.000 sehari. Atau tabung uang receh yang Anda punya setiap hari. Lalu perlahan-lahan tingkatkan jumlah yang harus Anda sisihkan.
  • Pengaruh inflasi Jika Anda hanya bergantung pada pendapatan tetap yang minim, Anda harus tahu bagaimana inflasi dapat mempengaruhi pendapatan Anda. Inflasi mengurangi nilai setiap rupiah. Satu-satunya jalan untuk mengatasi inflasi adalah dengan memiliki tabungan yang pertumbuhannya lebih tinggi daripada inflasi. Untuk itu, Anda harus menanamkan uang Anda dalam investasi yang stabil atau berorientasi tumbuh, misalnya dana pensiun. Cari masukan dari perencana keuangan yang baik sebelum menginvestasikan uang hasil kerja keras Anda. Misalnya: Citibank menawarkan pemeriksaan keuangan gratis yang berguna untuk mencari jalan mengatasi inflasi.
    Kebanyakan pegawai memiliki dana pensiun. Namun biasanya dana pensiun pegawai negeri tidaklah besar, sehingga Anda patut mempertimbangkan memiliki polis asuransi untuk keperluan ini.
    Meningkatkan pendapatan Anda  Selalu ada jalan untuk meningkatkan pendapatan Anda. Misalnya Anda bisa bekerja paruh waktu, membuat kue dan menjualnya di kantor, mengadakan bazar murah, menjual barang koleksi (barang antik, perangko, karya seni, dan lain-lain). Pikirkanlah cara-cara untuk mendapatkan uang tambahan.
    Sumber: citibank
 
;